RENCANA KEGIATAN BADAN PENJAMINAN MUTU (BPM)

TAHUN AKADEMIK  2016/2017

 1. PENDAHULUAN

Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) telah merespon amanat peraturan dan perundang-undangan tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPMPT), dengan membentuk sebuah satuan khusus yang disebut dengan Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Swadaya Gunung Jati  berdasarkan Statuta Unswagati tahun 2014 ( sebelumnya bernama Lembaga Penjaminan Mutu yang dibentuk tahun 2009).  Pada awal tahun 2015 nama SPMI  dirubah lagi menjadi BPM (Badan Penjaminan Mutu).

BPM telah mendapat dukungan penuh dari Rektor Unswagati, dengan menyediakan fasilitas perkantoran, perangkat personalia yang dibutuhkan, dan anggaran yang diperlukan. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan berbagai program, berkait dengan pelaksanaan SPMPT. Hingga saat ini, sejak dibentuk dengan nama Lembaga Penjaminan Mutu, pelaksanaan program SPMI telah berjalan namun masih belum sesuai harapan. Berkait dengan hal tersebut perlu dibuat Rencana Kerja BPM Tahun Akademik 2016/2017 yang jelas, terinci dan terukur sebagai bentuk implementasi Standar Operasional dan Prosedur yang telah ditetapkan.

2. PROGRAM KERJA

Program kerja BPM  TA 2016/2017 bertujuan : 1) Memberikan gambaran   tentang program yang akan dikembangkan, arah pengembangan, langkah strategis, dan tahapan yang harus ditempuh. 2) Menjadi panduan bagi seluruh komponen BPM dalam pelaksanaan tugasnya mensukseskan tujuan BPM. 3) Menjadi  panduan  dalarn  rangka  penyusunan  berbagai  rekomendasi bagi terwujudnya Visi dan Misi Unswagati.

Adapun Program Kerja BPM TA 2016/2017 yang telah dirumuskan adalah sebagai berikut :

  1. Data Collecting kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari semua unit kerja di lingkungan Unswagati. Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu tahun, yaitu di akhir semester ganjil dan semester genap. Data yang dikumpulkan dalam bentuk hard copy dan soft copy untuk memudahkan dalam kegiatan audit mutu internal dan akreditasi institusi.
  2. Evaluasi borang Program Studi yang akan dikirim ke BAN PT dan pendampingan visitasi akreditasi Program Studi di lingkungan Unswagati. Program Studi yang akan mengajukan akreditasi pada tahun akademik 2016/2017 adalah Program Studi Agribisnis dan Kedokteran.
  3. Mereview, mengkoreksi dan mengembangkan SOP pada seluruh unit kerja di lingkungan Unswagati
  4. Melakukan Survey Kepuasan Mahasiswa. Survey dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan yang diterima dan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang menjadi prioritas untuk perbaikan. Kegiatan ini dilakukan pada setiap semester.
  5. Melakukan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan. Survey dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap kualitas pelayanan yang diterima dan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang menjadi prioritas untuk perbaikan. Kegiatan ini dilakukan pada setiap semester.
  6. Melakukan Audit Mutu Internal (AMI). Audit ini dilakukan terhadap seluruh unit kerja di lingkungan Unswagati. Tujuan dari AMI adalah untuk mengetahui apakah unit kerja (auditee) telah melaksanakan SOP yang telah ditetapkan. Kegitan ini dilakukan pada setiap semester.
  7. Benchmarking dan kerjasama BPM dengan PTN/PTS.
  8. Mengikuti pelatihan pengisian borang akreditasi program studi dan institusi serta pelatihan sistem penjaminan mutu.
  9. Surveillance Audit ISO 9001:2008. Audit pemantauan yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi Transpasific Certification Limeted (TCL).

3. ANGGARAN BIAYA