ch9yh

Jaminan Kualitas dan Mutu, Unswagati Terapkan Standar ISO 9001: 2008

CIREBON- UniversitasSwadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, terus mendorong peningkatan kualitasdan mutu pelayanan dengan mengacu pada Sistem Manajemen Mutu InternationalOrganization for Standardization yakni ISO 9001:2008. Setelah melalui berbagaitahapan termasuk bagaimana penerapan Standard Operational Procedure (SOP) dilembaga, badan, satuan dan fakultas di lingkungan Unswagati, akhirnya dilakukanaudit oleh tim ISO 9001:2008 dari Transpacific Certification Limited (TCL), selamatiga hari dan berakhir pada Rabu (17/2).

Rektor Unswagati Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, MP., mengatakan setelah dilakukanaudit secara menyeluruh, apa yang dipersyaratkan dalam standar mutu ISOtersebut di Unswagati semuanya telah terpenuhi dan tidak ada temuan baik yangminor maupun mayor. Dalam Sistem ISO 9001:2008 ini tentunya akan mendorong padaefektivitas proses continual improvement dengan pilar utama pola berpikir PDCAyakni, Plan, Do, Check, and Action, kata rektor didampingi Kepala BPM Drs.Amanan, M.Si.

Dijelaskan Prof. Djohan panggilan akrab rektor dalam setiap proses harus melaluitahapan yang matang, implementasi dan selalu ada evaluasi serta analisis datayang akurat dan tindakan perbaikan yang sesuai. Dalam pelaksanaannya semuakegiatan harus dilakukan monitoring supaya benar-benar dapat menuntaskanmasalah yang ada pada lembaga. Tentunya tetap mengacu kepada CustomerSatisfaction atau kepuasan mahasiswa, leadership, participatif denganmelibatkan semua orang, pendekatan proses, sistemik, sustainable,  factualdan bekerjasama dengan stakeholder, paparnya.

Menurut Kepala BPM Drs. Amanan, M.Si., dalam kegiatan audit ISO tersebutdiharapkan dapat meningkatkan semua faktor pendukung agar Unswagati Cirebonbisa mencapai standar yang lebih baik sebagai universitas swasta yang cukupbesar di wilayah Cirebon ini. Saya yakin Unswagati bisa bersaing denganuniversitas yang ada di wilayah 3 Cirebon dengan lebih meningkatkan kualitasdalam manajemen dan pelayanannya. Apalagi, Unswagati akan menghadapi AkreditasiInstitusi Perguruan Tinggi atau AIPT, ujarnya.

Sementara Ketua Tim Auditor ISO TCL, Risdianto menambahkan, setelah seluruhkelengkapan dan fasilitas serta pelayanan di Unswagati dilakukan penilaiandengan standar ISO pihaknya menegaskan yakin Unswagati akan lebih baik dalammemberikan pelayanan dan mutu pendidikannya. Audit ISO ini sebagai buktikeseriusan Unswagati dalam menjamin kualitas pendidikan dan kemampuan untukbersaing dengan Universitas yang ada di Indonesia, tegasnya seraya menambahkansepekan kedepan hasil audit ISO akan diketahui. Dalam penutupan audit oleh timISO tersebut, tampak hadir Wakil Rektor (WR) I Dr. Alfandi, M.Si, WR II H AcepKomara, Drs SE., M.Si, WR III Dudung Hidayat SH., MH, WR IV H. Nasir Asman, Drs., MM,Kepala BPM Amanan, Drs., M.Si,  beserta para dekan dan kepala badan dan satuan.